Sabtu, 14 Juni 2008

Ligina dan Pelatih dalam Sejarah

Perlu Diketahui :

Pelatih pertama yang merebut gelar Liga Indonesia adalah Indra Mochamad Tohir. Pelatih kelahiran Bandung, 7 Juli 1941 adalah pelatih yang sukses membawa Persib Bandung menjadi juara Ligina I denga materi pemain lokal. Di final, Indra yang juga dosen Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung jurusan FPOK mampu mengalahkan Petrokimia Gresik yang menggunakan pemain asing. Dua legiun impor itu adalah Darryl Sinerine (Trinidad & Tobago) dan Jacksen F Tiago (Brasil)
Pelatih asing pertama kali mampu membawa tim menjadi juara Ligina adalah Hendrikus Johannes Wullems. Arsitek asal Belanda yang biasa disapa Henk Wullems tersebut mengantarkan Mastrans Bandung Raya (MBR) juara Ligina II.
Jacksen Ferreira Tiago adalah orang pertama yang mampu menjadi pemain sekaligus pelatih yang pernah mengantarkan timnya juara, hebatnya dia mempersembahkan itu untuk satu klub Persebaya. Kala bermain, mantan penyerang asal Brasil itu mampu membawa Bledug Ijo juara di Ligina III. Lalu saat membesut Persebaya pada Ligina X, Jacksen membawa Bejo Sugiantoro kembali menjadi yang terbaik.
Gelar pelatih termuda yang pernah membawa timnya juara di Ligina adalah Jacksen F Tiago. Arsitek asal Negeri Samba tersebut berusia 36 tahun ketika membawa Persebaya juara Ligina X.
Benny Dollo adalah pelatih yang pertama kali membawa timnya merebut Piala Indonesia. Setelah sukses membawa Arema Malang berjaya di Piala Indonesia 2005.
Pelatih yang dua kali merebut Piala Indonesia adalah Benny Dollo. Presrasi ini dibukukan Bendol, sapaan Benny, kala membesut Arema di Piala Indonesia 2005 dan 2006.

Tidak ada komentar: